PROPOSAL
WIRAUSAHA BERJUALAN BARANG ELEKTRONIK
Untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen : Drs. Mulyoto Marwan
Oleh :
YAYA MUHIDIN
NIM : 3213089
SEKOLAH TINGGI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) BANDUNG
Jl. Phh. Mustofa No.33 Bandung – Jawa Barat
Http://www.stmik-bandung.ac.id
KATA PENGANTAR
Fuji dan syukur penulis
panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia –Nya
penulis dapat menyusun Proposal ini sampai selesai.
Sholawat dan salam semoga terlimpah curahkan pada baginda Nabi
Besar Muhamad SAW. Serta kepada keluarganya, para sahabatnya dan kaum muslimin
muslimat pada umumnya. Amin.
Proposal ini penulis ajukan untuk memenuhi mata kuliah
Kewirausahaan, tetapi penulis menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini
banyak kekurangan – kekurangan, karena terbatasnya kemampuan dan pengetahuan
yang penulis miliki.
Pada kesempatan ini dengan
kerendahan hati dan keikhlasan penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai
pihak atas bantuan dan dorongannya, serta kritik dan saran penulis harapkan
untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penulis.
Semoga Alloh SWT memberikan
balasan atas segalanya dan memberikan manfaat bagi semua pihak.
i
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR..............................................................................i
DAFTAR
ISI...........................................................................................ii
BAB
I PENDAHULUAN........................................................................1
1.1 Latar belakang.........................................................................1
1.2 Maksud dan tujuan..................................................................2
BAB II. PEMBAHASAN ........................................................................3
2.1
Nama dan alamt Perusahaan...................................................3
2.2
Modal dan Laba......................................................................3
2.3
Sistem pelayanan dan promosi..............................................4
BAB III PEMASARAN..........................................................................6
3.1.
Hasil analisis Pasar................................................................6
3.2
Masalah yang Potensial dalam Usaha....................................6
3.3 Resiko
Yang Timbul dari Intern.............................................7
3.4
Resiko Yang Timbul dari Ekstern..........................................7
3.5
Tindakan Alternatif................................................................7
3.6
Pengembangan Usaha............................................................8
BAB IV PENUTUP.................................................................................9
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Perkembangan
bisnis elektronik saat ini setiap tahunnya mengalami perkembangan yang
signifikan. berbagai macam produk-produk elektronik seperti televisi, DVD
player, kipas angin, magic jar, kulkas,
blender, dll sekarang barang-barang ini sudah tidak menjadi barang mewah lagi
di kalangan masyarakat. Bisnis elektronik seperti ini juga memiliki prospek
yang kedepannya dapat memberikan nilai positif bagi seorang wirausahawan. Saya sebagai
penulis adalah salah satu yang menekuni bisnis elektronik ini. Bermodal dari
orang tua, saya dirikan bisnis ini karena hal sebagai berikut:
1. Barang
Elektronik sekarang bukan menjadi hal yang mewah, hampir setiap orang sudah
menggunakan barang-barang elektronik.
2. tidak
ada masa pemakaiannya tidak seperti halnya makanan.
3. Bisnis
elektronik memiliki prospek bisnis yang menjanjikan karena tingginya minat dan
daya beli masyarakat sekarang akan barang elektronik.
4. Modal
yang di butuhkan cukup besar namun bisa diatasi dengan model titip barang dari
distributor.
1
1.2 Maksud
dan Tujuan
Usaha
ini bergerak dalam bidang penjualan dan jasa, usaha ini memiliki ciri khas
usaha yang merupakan kepemilikan perseorangan, ini juga memberikan kualitas
produk yang baik dan pelayanan yang sangat memuaskan. Dengan bertujuan untuk
mengembangkan potensi yang ada di wilayah Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang,
diharapkan mampu berkembang mengikuti perkembangan zaman. Usaha ini didirikan pada tanggal 16
Maret 2004 dengan modal Rp. 25.000.000 (Dua puluh lima juta rupiah) dengan
bertujuan untuk meraih keuntungan. Setelah melihat dan mengamati bahwa usaha
ini banyak diminati oleh masyarakat, tidak ada
salahnya usaha ini berdiri untuk melayani seluruh lapisan masyarakat
dengan kualitas pelayanan dan produksi yang lebih baik.
2
BAB II
PEMBAHASAN
Bisnis
elektronik merupakan bisnis yang menjanjikan dan tidak ada matinya, banyaknya
bisnis elektronik yang bermunculan saat ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan
barang elektronik juga semakin meningkat. meningkatnya bisnis elektronik ini disebabkan
karena barang-barang elektronik yang ada sekarang bukan menjadi barang mewah
seperti dahulu. hal ini menjelaskan bahwa barang elektronik kini sudah dapat digunakan
oleh semua kalangan masyarakat.
2.1
Nama dan Alamat Perusahaan
Nama toko PRAJA
ELEKTRONIK yang bertempat di Jl. Raya
Wado No. 10 Wado Sumedang, sedangkan produk yang di perdagangkan adalah
Barang-barang elektronik dan sparepart, sampai saat ini yang lebih diutamakan
adalah sparepart karena di daerah Wado sangat terbatas orang yang menyediakan
sparepart Elektronik selain itu sparepart elektronik banyak digunakan oleh
pemilik untuk mereparasi berbagai barang elektronik yang pemilik kerjakan
sehari-hari.
3
2.2 Modal
dan Laba
Usaha penjualan Barang Elektronik yang saat ini penulis kelola berkembang cukup pesat walaupun hanya dengan modal awal yang begitu minim yaitu Rp. 25.000.000 (Dua puluh lima juta rupiah) dengan rincian sebagai berikut:
Usaha penjualan Barang Elektronik yang saat ini penulis kelola berkembang cukup pesat walaupun hanya dengan modal awal yang begitu minim yaitu Rp. 25.000.000 (Dua puluh lima juta rupiah) dengan rincian sebagai berikut:
1) Sewa
Tempat Rp.2.500.000 (Dua juta lima ratus ribu rupiah)
2) Membeli
perlengkapan seperti estalase, rak dll Rp. 2.500.000 (Dua juta lima ratus ribu rupiah)
3) Belanjan
barang Rp. 20.000.000 (Dua puluh juta rupiah).
Adapun sistem Manajemen dan laba yang
dilakukan di Praja Elektronik adalah sebagai berikut :
Mengambil
keuntungan 30% dari harga pembelian dan keuntungan tersebut di alokasikan untuk
:
a. 30%
dari laba untuk penambahan modal
b. 10%
dari laba untuk pembayaran listrik dan telepon
c. 20%
dari laba untuk keperluan opersional seperti makan, gaji karyawan dll.
d. 10%
dari laba untuk keperluan yang tidak terduga seperti penambahan perlengkapan da
kebutuhan lain
e. 30%
dari laba untuk pemilik.
Omzet
penjualan sampai saat ini adalah berkisar antara Rp.1.000.000 (satu juta
rupiah) sampai dengan Rp. 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per
hari.
2.3 Sistem Pelayanan dan promosi
4
Perlakukan pembeli
adalah seorang raja, berikan pelayanan yang terbaik maka pembeli akan membeli
barang dan mungkin akan menjadi konsumen
tetap.
2. Promosi
dari mulut ke mulut
Bila pelanggan merasa
puas dengan pelayanan yang diberikan, mereka akan menjadi media promosi bagi
perusahaan. Mereka akan menyebarkan informasi yang baik tentang perusahaan.
3. Gunakan
jurus 5S (Senyum, Sapa, Salam,Sopan dan Santun) kepada pembeli.
Dengan 5 S ini pembeli akan
merasa nyaman dan suasana keakraban akan tercipta disini. Disini komunikasi
juga berperan andil dalam menghadapi pembeli, tidak ada seorangpun yang sukses
tanpa bisa berkomunikasi dengan baik.
4. Berani
mengambil resiko.
Setiap kegiatan usaha
pasti ada resikonya, jadikan resiko adalah sebuah tantangan yang harus di
hadapi bukan untuk dihindari dan dari resiko tersebut bisa jadikan sebagai media pembelajaran untuk
kemajuan perusahaan.
5. Cari
relasi sebanyak-banyaknya.
Relasi yang banyak
dapat membantu dalam memasarkan produk
6. Berani
bermimpi
Bermimpi usaha akan sukses besar, pasti dari mimpi
itu akan memunculkan semangat yang tinggi untuk mengelola perusahaan
5
BAB III
PEMASARAN
3.1 Hasil Analisis Pasar
1. Target
Pasar atau Konsumen
Target pasar
atau konsumen untuk usaha ini adalah lingkungan sekitar karena dijaman sekarang
ini seluruh lapisan masyarakan sudah memiliki barang elektronik dan lokasi
perusahaan yang mudah dijangkau
diharapkan mampu memberikan peluang bagi berkembangnya usaha ini.
2. Situasi Persaingan
Persaingan sejenis
di daerah sekitar lumayan besar, karena dengan meningkatnya kebutuhan
masyarakat di bidang elektronik menjadi daya tarik tersendiri untuk orang-orang
mendirikan usaha ini.
3. Strategi Pasar
Kegiatan pemasaran usaha ini dilakukan dengan satu cara, yaitu
secara langsung. Pemasaran secara langsung adalah melayani secara langsung
kepada konsumen tanpa melalui perantara.
3.2 Masalah-Masalah yang
Potensial Dalam Usaha
- Saingan usaha tidak sejenis
- Modal untuk mengelola usaha
- Kurangnya apresiasi dan pengetahuan berbisnis
6
3.3 Resiko yang Timbul
dari Masalah Intern
- Kurangnya pengawasan karyawan karena
sering ditinggal pemilik
- Kurangnya modal
- Kerusakan perlengkapan
- Kurangnya tenaga kerja
3.4 Resiko yang Timbul
dari Masalah Ekstern
- Jumlah pelanggan
- Banyaknya pesaing
- Ekonomi pelanggan
- Kurangnya pengetahuan
- Kurangnya promosi
3.5 Tindakan Alternatif
a. Menyelesaikan Resiko Intern
Memberikan sanksi kepada karyawan yang apabila melakukan kesalahan
Mengefisiensikan stock barang sesuai modal yang ada
Perawatan perlengkapan yang cukup
Memberikan sanksi kepada karyawan yang apabila melakukan kesalahan
Mengefisiensikan stock barang sesuai modal yang ada
Perawatan perlengkapan yang cukup
7
b. Menyelesaikan Resiko Ekstern
· Mengutamakan kualitas barang produksi
· Mengutamakan pelayanan prima
· Memaksimalkan upaya promosi
3.6 Pengembangan Usaha
Untuk pengembangan usaha
ini dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
·
Menambah tenaga
kerja
·
Meningkatkan
kualitas produk
·
Meningkatkan
pelayanan
·
Menigkatkan
upaya promosi
Mempeluas wilayah pemasaran
8
BAB IV
PENUTUP
Demikianlah
proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat
bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME
karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal
bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak
yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha berjualan barang electronic ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
9
Good, Thanks for Your Information
BalasHapusThank you for visiting, hopefully useful
BalasHapus